Pengertian Tonsilitis - Tonsilitis Adalah Peradangan Pada Tonsil

Tonsil atau sering juga disebut amandel, adalah sepasang kelenjar getah bening yang terletak di setiap sisi bagian belakang tenggorokan Anda. Mereka berfungsi sebagai mekanisme pertahanan untuk mencegah infeksi memasuki seluruh tubuh Anda. Amandel dapat memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Karena fungsinya tersebut, amandel menjadi rentan untuk terinfeksi dan mengalami peradangan. Kondisi ini disebut tonsilitis.


Tonsilitis dapat terjadi pada semua usia tetapi paling umum pada masa kanak-kanak, yakni pada anak-anak dari usia prasekolah sampai pertengahan remaja mereka. Gejala yang umum dikeluhkan adalah seperti sakit pada bagian tenggorokan, tonsil membesar, dan demam. Gejala biasanya terjadi dalam waktu 7 hingga 10 hari. Tonsilitis relative mudah untuk didiagnosis dan ditangani.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk lebih lengkapnya dapat membaca artikel Askep Tonsilitis di blog ini. Jika tidak diobati, radang amandel ini akan menimbulkan komplikasi serius. Komplikasi yang bisa dihasilkan oleh tonsilitis ini adalah demam rematik (radang hati, sendi, dan jaringan lain), atau glomerulonefritis (radang ginjal).


Ada banyak gejala tonsilitis, dan inilah yang paling umum:

  • tenggorokan sangat sakit 
  • kesulitan menelan 
  • suara sengau 
  • demam 
  • sakit perut 
  • sakit kepala dan telinga 
  • leher terasa kaku 
  • tonsil tampak merah dan bengkak 
  • terdapat bintik-bintik putih atau kuning pada permukaan tonsil 

Pada anak-anak yang sangat muda, Anda juga dapat melihat peningkatan iritabilitas, kurang nafsu makan, atau air liur berlebihan. Hubungi dokter segera jika Anda atau anak Anda mengalami kesulitan bernapas karena amandel membengkak dan menghalangi saluran udara.

Baca juga: Apa Itu Tonsilitis Kronis 

Amandel bengkak dapat menyebabkan kesulitan bernapas, yang dapat menyebabkan tidur terganggu. Tonsilitis yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksinya menyebar ke jaringan di sekitarnya.

Tonsilitis sangat menular. Untuk mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan tonsilitis, jaga jarak dengan orang-orang yang sedang terinfeksi. Seringlah mencuci tangan, terlebih setelah Anda datang ke suatu tempat dengan seseorang yang memiliki gejala-gejala seperti yang dijelaskan di atas. Sedangkan jika Anda sendiri yang sedang mengalami tonsilitis, beristirahatlah dan kurangi bertemu dengan orang lain sampai kondisi Anda membaik dan tidak lagi menulari.

1 Response to "Pengertian Tonsilitis - Tonsilitis Adalah Peradangan Pada Tonsil"

  1. Artikel yang sangat bagus soal amandel. Ternyata organ amandel merupakan organ yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan tubuh. Sungguh sayang jika sampai dioperasi hanya karena terjadi radang. Padahal ada solusi alami, aman, dan halal untuk mengobatinya. Terima kasih sudah menulis artikel ini.

    BalasHapus