Menangani Tonsilitis Pada Anak

Tonsilitis pada anak adalah hal yang wajar terjadi. Tonsilitis ini dapat menular dan menyebar ke anak-anak lainnya melalui kontak dengan mulut, tenggorokan, atau lendir penderita. Gejala Tonsilitis cukup beragam, biasanya anak akan mengeluh sakit di tenggorokan, demam, pembengkakan amandel, dan kesulitan menelan.


Pengobatan untuk tonsilitis pada anak harus disesuaikan dengan penyebabnya, apakah oleh virus atau bakteri, seperti bakteri streptokokus. Dokter biasanya tidak bisa membedakan langsung hanya dengan melihat fisik amandelnya, tetapi dapat mendeteksi bakteri strep dengan tes strep cepat.

Jika tonsilitis disebabkan oleh virus, tubuh anak akan melawan infeksi sendiri. Jika itu disebabkan oleh bakteri strep, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Jika demikian, pastikan bahwa anak Anda menyelesaikan pengobatan (meminum obat hingga habis, sesuai yang diresepkan) untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Baca juga: Askep Tonsilitis 

Untuk anak-anak yang sering mendapatkan tonsilitis (lebih dari 5 sampai 7 kali selama periode 1 tahun) atau mengalami infeksi berulang selama beberapa tahun, dokter mungkin merekomendasikan untuk dilakukan pembedahan atau pengangkatan amandel.

Anak-anak yang sedang menderita tonsilitis perlu banyak makan dan istirahat. Jika anak mengeluh sakit pada saat menelan, asupan nutrisi tetap dapat diberikan dengan cairan dan makanan lunak, seperti sup, milkshake, atau smoothies.

Berikan obat pereda nyeri jika sakit tenggorokannya sudah tidak bisa ditahan, seperti acetaminophen atau ibuprofen. Jangan memberikan aspirin atau produk lain yang mengandung aspirin karena dapat menempatkan anak-anak pada risiko sindrom Reye, suatu penyakit yang dapat memiliki komplikasi serius.

Jauhkan gelas minum anak yang sakit dan pisah peralatan makan mereka agar tidak dipakai anggota keluarga yang lain. Setelah digunakan, peralatan makan tersebut dicuci dengan air panas dan dengan sabun. Semua anggota keluarga yang lain juga harus sering mencuci tangan mereka untuk mencegah terjadinya penularan.


Terakhir, jika anak Anda harus mengonsumsi antibiotik untuk bakteri strep, sikat giginya harus diganti dengan yang baru satu atau dua hari setelah memulai pengobatan. Hal ini untuk meminimalisir infeksi berulang akibat bakteri yang masih bersarang di bulu sikat gigi.

0 Response to "Menangani Tonsilitis Pada Anak"

Posting Komentar