Apa Itu Tonsilitis Kronis?

Tonsilitis adalah hal yang sering terjadi, terutama pada anak-anak. Sakit tenggorokan ini dapat menjadi akut dan berumur pendek, namun dapat berubah menjadi radang amandel kronis. Para professional kesehatan membedakan tonsilitis menjadi dua jenis, yakni sebagai berikut:
  • Tonsilitis akut: ini adalah infeksi bakteri atau virus di bagian amandel yang biasanya sembuh dengan pengobatan dan tidak ada masalah lebih lanjut. 
  • Tonsilitis kronis: Tonsilitis menjadi kronis ketika episode tonsilitis akut terulang kembali berulang kali dan dalam kurun waktu yang panjang.
 
Pada banyak kasus, tonsilitis kronis memerlukan pembedahan untuk mengangkat amandel. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang tonsilitis kronis.



Gejala Tonsilitis kronis

Sebelum membahas gejala tonsilitis kronis, mari kita bahas tentang tanda-tanda apa yang terjadi pada tonsilitis akut terlebih dahulu. Gejala tonsilitis akut meliputi: nyeri tenggorokan, tenggorokan bengkak, sakit kepala, kehilangan suara, turunnya nafsu makan, nyeri di telinga, sakit saat menelan, demam, mual, sakit perut, muntah dan kesulitan bernapas. 

Infeksi menjadi kronis ketika gejala tidak hilang dengan waktu, istirahat dan perawatan. Tonsilitis kronis sering tidak membuat Anda sakit seperti tonsilitis akut. Oleh karena itu dokter mungkin mengabaikan kasus ini. Pada artikel sebelumnya yang berjudul Askep Tonsilitis dijelaskan bahwa tonsilitis kronis bisa dimulai dengan gejala seperti tonsilitis akut, dan berkembang menjadi gejala yang lebih parah, seperti
  • Sakit tenggorokan yang terus kambuh dan dalam waktu yang panjang
  • Pada permukaan tonsil muncul bintik-bintik berwarna putih
  • Keluarnya nanah pada lekukan tonsil


Komplikasi Tonsilitis Kronis
 
Jika peradangan di tenggorokan berlangsung dalam waktu yang lama, maka pasien dapat mengalami kesulitan bernapas. Hal ini terjadi khususnya pada malam hari saat tidur, atau dikenal sebagai sleep apnea. Jika infeksi ini tidak benar-benar sembuh, maka dapat menyebar jauh ke dalam jaringan dan menyebabkan selulitis. Hal ini juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di belakang amandel sehingga menyebabkan abses. Akibat lainnya adalah demam rematik yang dapat menginfeksi hati, organ dan sendi. Infeksi ini juga dapat menyebabkan glomerulonefritis yang melemahkan kemampuan ginjal untuk membuang limbah dari tubuh.

Penyebab Tonsilitis Kronis

Penyebab tonsilitis kronis biasanya dimulai dengan organisme yang sama dengan penyebab tonsilitis akut. Penyebab yang paling umum adalah bakteri streptokokus. Ada juga beberapa virus seperti:

  • Virus Epstein-Barr (mononukleosis) 
  • Herpes Simplex (virus) 
  • Parainfluenza (virus) 
  • Enterovirus
  •  Influenza (virus) 
  • Adenovirus
 
Tonsilitis akibat virus dapat ditangani dengan istirahat dan antivirus, sedangkan penyebab bakteri memerlukan pengobatan antibiotik.

Faktor Pendukung Tonsilitis Kronis

Tonsilitis akut dapat disebabkan oleh paparan kuman saat berada di sekitar orang yang sakit. Dalam tonsilitis kronis, ada beberapa faktor yang berperan. Berikut adalah beberapa hal yang meningkatkan risiko radang amandel atau tonsilitis kronis:

  1. Alergi Makanan: beberapa makanan yang menyebabkan tonsilitis adalah pisang, jeruk, produk susu, dan pengawet yang digunakan dalam makanan. 
  2. Cuaca: kondisi cuaca yang dingin dapat meningkatkan penyebaran kuman yang menyebabkan tonsilitis. Udara lembab juga kondisi yang ideal untuk perkembangbiakan bakteri dan virus. Cuaca dingin juga bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. 
  3. Genetik: beberapa penelitian telah menunjukkan adanya hubungan genetik untuk tonsilitis kronis. Mungkin karena ada kemiripan struktur tonsil dan pola hidup dalam sebuah keluarga. 
  4. Kebersihan: kurangnya menyikat gigi dan berkumur untuk membersihkan mulut dan amandel bakteri dapat menyebabkan infeksi.
  5. Merokok: kebiasaan merokok menyebabkan peradangan pada jaringan halus di bagian belakang tenggorokan. Hal ini juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menghalangi tubuh anda dari menyerap vitamin dan mineral yang membantu Anda melawan infeksi.
  6. Sinusitis: bakteri dan virus yang menyebabkan sinusitis kronis dapat berlama-lama di amandel dan menyebabkan infeksi. Penanganan sinusitis dengan segera adalah cara menghindari bakteri dan virus tersebut menyebar ke daerah tenggorokan.
Untuk penanganan tonsilitis kronis, dapat Anda lihat selengkapnya pada artikel: Obat Tonsilitis.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Tonsilitis Kronis?"

Posting Komentar